Tuesday, October 12, 2010

Tugas Quiz KomMas!

hey,it's me Bulan and my baby kitty Wally.. :) 


Hey classmates! mari kita berbagi jawaban buat saling tahu yaa.. Kalau ada yang salah saling kasihtau aja yaa, biar kita sama-sama jadi anak pintar ;)
1.    Jelaskan paradigma ilmu sosial yang menjadi akar pohon ilmu komunikasi massa! 
Jawab: Komunikasi massa terbagi menjadi tiga paradigma dalam memahami teori, tiga paradigma tersebut yaitu sebagai berikut :
§  Positivistis, merupakan teori yang bersifat objektf. Suatu peristiwa dari kebenaran yang benar-benar terjadi. 
§  Konstruktivistik, merupakan teori yang bersifat subjektif atau tunggal. Sebuah pemikiran tentang dua orang atau lebih yang mempunyai cara pandang yang berbeda.
§  Kritis, merupakan teori yang bersifat superfisial atau semu. Melihat suatu peristiwa yang telah didasari dari konteks yang ada secara keseluruhan tetapi belum tentu benar, hal tersebut didasari oleh teori Ice Berg.
2.  Jelaskan teori-teori besar (Grand Theories) yang menjadi cabang-cabang utama ilmu komunikasi massa ilmu sosial!
Jawab: Grand Theory paradigma, yaitu sebagai berikut: 
o    Paradigma Positivstik, dengan grand theory nya Post posivistik yaitu melakukan observasi yang dilakukan berdasarkan langsung dilapangan dengan metode yang sudah terukur.
o    Paradigma Konstruktivistik, dengan grand theory Hermeneutics yaitu melakukan suatu peristiwa yang berdasarkan dengan teks yang bisa ditangkkap oleh panca indera (melihat, mendengar, dan rasa).  Bersifat subjek dan diliputi oleh konteks yang ada. 
o    Paradigma Kritis, memiliki dua ciri grand theory yaitu normatif yaitu suatu peristiwa yang didasarkan dengan norma-norma yang sudah ditetapkan dan yang sudah ada. Critica theory yaitu suatu peristiwa yang tidak berdasarkan dengan norma ideal, teori yang dilakukan untuk perubahan dengan ada nya relasi kekuasaan.
3.       Jelaskan munculnya industri media dan teori-teori paradigm!
Jawab: Munculnya industry media hadir dengan adanya yellow journalism (jurnalis kuning). Pada saat munculnya yellow journalism, maka media mampu menguasai public dengan berita-beita yang selalu membesar-besarkan suatu masalah karena tidak adanya kode etik. Teori-teori paradigma disebutkan sebagai berikut :
·           Behaviorism, yaitu teori propaganda yang ddilewati dengan stimulus, response yang terjadi dengan menjadi suatu kebiasaan yan dilakukan terus menerus.
·           Freudianism, propaganda yang ada karena memiliki jiwa kemanusiaan dengan meyakinkan ego, yang dibujuk oleh ID, dan dilemahkan oleh superego.
·           Harold Laswell’s propaganda theory, yaitu merupakan teori dari gabungan behaviorism dan fredianism. Adanya teori dengan berbicara ke public mana?dengan media apa?effect terhadap medianya apa?
·           Modern propaganda, yaitu propaganda yang terlihat canggih tanpa melakukan propaganda kepada seseorang.
·           Libertarianism reborn, yaitu propaganda yang terlahir kembali untuk mengupayakan kembali menjadi lebih benar (fakta) untuk meyakinkannya.
·           Walter Lipmann’s theory of public opinion formation, merupakan propaganda yang di mulai dari masyarakat proletar (buruh) yang tidak mengetahui berubah menjadi tahu lalu mempengaruhi kaum borjuis untuk ikut dalam aturan propaganda yang ada.
4.       Jelaskan teori-teori normative yang anda ketahui!
Jawab:
·      Teori Pers Otoriter (authorian), yaitu adanya suatu hal yang tidak bisa dikendalikan oleh pers adalah kekuasaan yang dipegang oleh pemerintah untuk memajukan rakyatnya sebagai hal yang utama.
·      Teori Pers Liberal, dengan munculnya yellow journalism pada masa industri media membuat pers dibebaskan dalam dapat membuat  berita dan kebebasaannnya tidak adanya tanggung jawab.
·      Responbility social, dengan adanya kde etik dalam membuat suatu berita karena adanya pengekangan dalam kebebasaan pers di Indonesia yang tidak bertanggung jawab. Tetapi, sampai saat ini masih bisa melanggar yang melewati kode etik pers.
·      Kommunis, pers yang harus mengikuti perintah dari pemerintah atau partai dengan tujuan untuk mendukung komunis dan Negara sosialis.
5.  Jelaskan critical theory and cultural theories yang anda ketahui!
Jawab: Critical theory yaitu teori yang pertama kali ditemukan oleh Max Horkheimer pada tahun 30-an. Awal mulanya teori ini mempunyai makna dengan kembali dengan ideal-ideal modernitas tentang nalar dan kebebasaan dengan mengungkap deviasi dari ideal-ideal dalam bentuk saintsme, kapitalisme, industry kebudayaan, dan industri politik borjuis. Cultural Theories yaitu sebuah teori komunikasi yang mencaku semua symbol komunikasi seperti tindakan, rutinitas, dan percakapan dengan makna yang melekat terhadap symbol tersebut.




No comments:

Post a Comment