Tuesday, October 12, 2010

5 soal kuis


5 soal quis:
1.   sebutkan dan jelaskan 3 paradigma ilmu sosial yang menjadi akar ilmu komunikasi massa?
Positivistis : bersifat objektif bahwa seseorang mengatakan sesuatu berdasarkan peristiwa, berdasarkan fakta yang ada tanpa memperjelas suatu kejadian secara mendalam.
Konstruktivistik : bersifat subjektif karena melihat suatu kejadian  berdasarkan pandangan masing-masing pribadi orang yang memiliki anggapan yang berbeda-beda dalam menilai suatu peristiwa.
Kritis : dalam paradigma ini kita dituntut untuk melihat suatu peristiwa bukan hanya dari yang tampak diluarnya saja namun melihat dari berbagai konteks didalamnya, agar melihat suatu kejadian dengan menelusuri seluk beluknya secara tuntas.
2.    sebutkan dan jelaskan grand theory yang menjadi cabang utama ilmu komunikasi massa?
Positiistik ( Post Positivistis) : theory ini melihat sesuatu berdasarkan observasi yang dilakukan. Contohnya: lab, polling, survey, angket, questioner,dll.   
Konstruktivistik (HERMENEUTICS) : suatu peristiwa berupa teks yang dapat ditangkap oleh pancaindera, dapat berupa arsitektur. Bersifat subjektif dan tak terlepas dari segi konteksnya. Contohnya: pencinta musik reggae memakai asessories warna-warni.
Kritis :
Normatif : suatu pandangan mengamati peristiwa dengan penelusuran yang dalam namun memiliki batasan-batasan.
Kritis : mencari keadilan seseorang ,dengan melakukkan perubahan di dunia ini, yaitu menentang kepentingan pemilik media yang menyalah gunakan media yang dimilikinya untuk keperluan pribadi. Seperti teori Marx tentang pertarungan kepentingan yang merupakan efek media karena adanya kekuasaan. Contohnya: metroTV  VS  TvOne.

3.   Jelaskan  munculnya industri media massa dan teori propaganda :
Pada awalnya media industri lahir karena munculnya paradigma yang menganggap pers dapat mengontrol opini publik, namun seiring perkembangannya, ketika suatu kepemilikan media memiliki kepentingan pribadi dan menyalahgunakan fungsi pers, maka para jurnalis sudah menyalahi kode etiknya ”yellow jurnalism”.
Teori Propaganda :
a.    Behaviorism
Teori propaganda yang melakukan propaganda lewat stimulus lalu mendapat response,  kemudian diadopsi menjadi kebiasaan oleh masyarakat.
b.    Freudianism
superego yang mengontrol dilemahkan, membujuk id yang bersangkutan dengan kesenangan, meyakinkan ego bersangkutan dengan keyakinan.
c.    Harold Laswell’s propaganda theory
gabungan antara teori behaviorism dan freudianism.
d.    Walter Lipmann’s theory of public opinion formation.
Bermula Kaum proletar(buruh) melakukan propaganda sehingga semula yang tidak tahu mengenai apapun menjadi tahu, lalu mempengaruhi kaum borjuis untuk ikut  aturan  pembuat propaganda tersebut.
e.    Reaction against
      propaganda merupakan sesuatu yang bersifat tuggal, apabila seseorang memiliki target untuk di pengaruhi, bisa saja target tersebut yang mempropaganda balik. Maka terjadi suatu timbale balik.
f.     Institute of propaganda analysis
penyeleksian propaganda yang berdasarkan kebutuhan.
g.    Modern propaganda
Bagaimana cara membujuk seseorang tanpa orang itu tahu kita sedang melakukan propaganda. Bisa dilakukan dengan membuat script cerita propaganda. “Dunia ini adalah panggung propaganda”.
h.    Libertarianism Reborn
Manusia dilahirkan secara bebas yang bersifat freewill (kehendak bebas). Sejarah perdebatan yang bebas mengingikan peradaban dunia yang maju, maka dari itu dibuat propaganda tetapi propaganda untuk mencari cari kebenaran.

4.     Jelaskan teori normatif yang anda ketahui ?  
Responsibility social : pers memiliki  kebebasan namun masih ada tanggungjawab sosial.
Authoritarian : pers dikendalikan oleh pemerintah.
Libertarian : pers bergerak bebas, tanpa ada yang mengendalikan
Komunis : pers dipegang dan dikuasai oleh partai komunis.

5. Jelaskan critical theory yang anda ketahui?


Oleh:
izzatul mazidah
09120110258

No comments:

Post a Comment